Bersama Dettol Indonesia "Bahkan Cuci Tanganpun Ada Harinya"




Bandung, 27 Oktober 2016 – Dalam rangka peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia 2016, hari ini Dettol Indonesia bekerjasama dengan pemerintah kota Bandung menggelar edukasi akan pentingnya cuci tangan dengan sabun di SDN Karang Pawulang, Buah Batu, Bandung. Program edukasi yang berada dalam naungan Misi Hidup Sehat bersama Dettol ini mengajak seluruh siswa untuk bersama-sama berikrar dalam menjaga kesehatan dan kebersihan, dimulai dari mencuci tangan setiap dan setelah beraktivitas. Dalam kesempatan tersebut, Dettol Indonesia juga menyerahkan 200 fasilitas cuci tangan yang dibangun di sekolah-sekolah dan ruang publik di kota Bandung.

Hari Cuci Tangan Sedunia merupakan hari yang secara global didedikasikan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang pentingnya mencuci tangan dengan sabun sebagai cara mudah, efektif, dan terjangkau untuk mencegah penyakit dan menyelamatkan nyawa. Setiap tahunnya, Dettol memanfaatkan kesempatan ini untuk mewujudkan komitmen dalam membantu masyarakat untuk membuat hidup lebih sehat dan bahagia dengan mensosialisasikan gaya hidup sehat: cuci tangan dengan sabun, khususnya kepada anak-anak usia dini.

Data Riset Kesehatan Dasar 2007 mengungkapkan bahwa di Indonesia, diare masih menjadi penyebab kematian anak, yaitu sebesar 31 persen di antara anak di bawah usia satu tahun dan 25 persen kematian anak usia antara satu hingga empat tahun. Sementara itu, berdasarkan Kajian Analisa Resiko Kesehatan Lingkungan yang dilakukan oleh Kementrian Kesehatan pada tahun 2013, hanya 18,5 persen masyarakat Indonesia yang mencuci tangan dengan sabun. Cuci tangan dengan sabun adalah salah satu cara paling murah untuk mencegah kematian dan penyakit yang berhubungan dengan diare.

Faraz Shamsi, Marketing Director Reckitt Benckiser Indonesia mengatakan, “Kami percaya akan pentingnya menanamkan perubahan perilaku sehat pada usia dini. Sebuah tindakan sederhana, mencuci tangan dengan sabun, dapat mencegah penyakit dan kematian. Hari Cuci Tangan Sedunia merupakan kesempatan bagi kami untuk menggelar sebuah acara yang dapat memberikan dampak positif, dan mengubah gaya hidup masyarakat menjadi lebih sehat dan higienis. Akses terhadap fasilitas cuci tangan di sekolah juga merupakan langkah awal untuk menanamkan hidup bersih.”

Kegiatan di SDN Karang Pawulang ini merupakan rangkaian dari acara peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia 2016, yang sebelumnya telah dilaksanakan di kota Surabaya dan Jakarta. Tahun ini, Reckitt Benckiser melalui Misi Hidup Sehat bersama Dettol menyumbangkan 1.000 fasilitas cuci tangan yang dibangun di kota-kota di Indonesia. Selain memberikan akses terhadap fasilitas cuci tangan, Dettol juga memberikan edukasi mengenai pentingnya mencuci tangan dengan sabun.
Edukasi terhadap cuci tangan ini sudah dimulai Dettol sejak tahun 2008. Hingga tahun 2016, Dettol telah membangun lebih dari 2.944 fasilitas cuci tangan untuk sekolah-sekolah di Indonesia dan telah memberikan edukasi mengenai perilaku hidup bersih dan sehat kepada 3.062.440 anak-anak sekolah dasar.

-Selesai-



Mengenai RB (Reckitt Benckiser):
Reckitt Benckiser adalah perusahaan global terkemuka dalam bidang kesehatan dan kebersihan. Perusahaan ini beroperasi di lebih dari 60 negara, dengan kantor pusat di Inggris, Singapura, Dubai dan Amsterdam, serta penjualan di hampir 200 negara. Perusahaan ini mempekerjakan sekitar 37.000 orang di seluruh dunia.a

Dengan misi memberikan solusi inovatif untuk keluarga yang lebih sehat dan bahagia, RB termasuk dalam 20 perusahaan terbaik di London Stock Exchange. Saat ini, Dettol merupakan perusahaan global no. 1 atau No 2 di sebagian besar kategori, didorong oleh tingkat inovasi yang luar biasa. Portofolio kesehatan dan kebersihan Dettol dipimpin oleh 19 Powerbrands global dari Nurofen, Strepsils Gaviscon, Mucinex, Durex, Scholl, Clearasil, Lysol, Dettol, Veet, Harpic, Bang, Mortein, Finish, Vanish, Calgon, Air Wick, Woolite dan French’s. Pada awal 2014, 43% dari pendapatan RB berasal dari 2 area pasar negara berkembang dan 57% dari pasar di negara maju; 72% dari pendapatan RB berasal dari kategori portofolio kesehatan dan kebersihan.

Dipicu oleh generasi baru yang menyatukan keingintahuan intelektual dengan komitmen terhadap standar kualitas tertinggi, RB siap untuk mendefinisikan kembali dunia kesehatan dan kebersihan bagi konsumen. Karyawan dan budaya RB merupakan inti kesuksesan perusahaan. Mereka memiliki tekad yang kuat untuk berprestasi dan keinginan untuk unggul dimana pun, termasuk dalam keberlanjutan di mana RB menargetkan pengurangan konsumsi air sebesar 1/3, 1/3 pengurangan karbon dan 1/3 dari pendapatan bersih datang dari produk yang lebih berkelanjutan di tahun 2020. RB juga merupakan mitra amal terbesar dari Save the Children yang bergerak di bidang FMCG global, dengan visi kemitraan baru untuk mengurangi secara signifikan pembunuh balita terbesar kedua di dunia, yakni diare. Secara keseluruhan, RB ingin menjangkau 200 juta orang untuk memperbaiki perilaku kesehatan dan kebersihan mereka.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.rb.com

**RB merupakan merek dagang grup perusahaan Reckitt Benckiser.