Mau Memerangi Kanker? Ayo Ikut Lari Mundur #RETRORUN4CHARITY


Menurut WHO jumlah penderita kanker di dunia setiap tahun bertambah  sekitar 7-8 juta orang. Jika tidak dikendalikan, diperkirakan 26-30 juta orang akan menderita kanker dan 17-20 juta akan meninggal karena kanker pada kisaran tahun 2030.

Di Indonesia,  tiap tahun diperkirakan terdapat 100 penderita baru per 100.000 penduduk. Ini berarti dari jumlah 237 juta penduduk, ada sekitar 237.000 penderita kanker baru setiap tahunnya. Hampir ada kematian 10 orang per 1000 penduduk disebabkan karena Kanker. Dari 20 lebih jenis penyakit kanker, Kanker payudara menempati urutan pertama penyebab kematian kemudian disusul oleh kanker leher rahim.

Tingginya tingkat kematian akibat kanker di Indonesia biasanya disebabkan karena terbatasnya pengetahuan  masyarakat tentang bahaya kanker dan cara penanggulangannya secara benar serta membiasakan diri dengan pola hidup sehat yang terprogram. Bersama Betadine dan Hard Rock 87,6FM, masyarakat diajak untuk ikut memeriahkan acara dengan bersama-sama berlari mundur dengan mengambil start di FX Senayan Jakarta pada 18 September 2016 nanti.
Lari mundur atau Retrorun ini baru pertama kali diadakan di Indonesia dan rencananya selain melibatkan banyak artis bintang tamu seperti Kunto Aji, para publik figur dan juga, akan melibatkan banyak stakeholder yang memiliki misi dan keinginan untuk menuntaskan Kanker di Indonesia. RetroRun 2016 adalah aksi charity run yang spektakuler untuk mendapatkan dana bagi kegiatan-kegiatan melawan Kanker di Indonesia. Jarak yang ditempuh dalam kegiatan ini sejauh 3,5 Km. Peserta aksi charity run ini diharapkan mengenakan atribut tahun 90-an, 80-an, dan 70-an. Setiap langkah kaki dalam kegiatan ini dihitung sebagai aksi charity.
Berlari maju membuat kaki bagian belakang menolak tanah untuk membuat daya hentakan untuk maju. Sebaliknya ketika berlari mundur, bagian kaki yang menolak adalah bagian depan. Hal ini berarti pelari mundur melatih otot telapak kaki bagian depan cara ini dipandang cukup baik untuk motorik otot lutut.
Selain itu, berlari mundur melatih kemampuan otak untuk mengingat-ingat. Otomatis berlari mundur sedikitnya mampu mencegah Parkinson. Juga, berlari mundur mampu melatih insting kita untuk bersikap selalu waspada. 

Ketentuan:
  • Peserta harus dalam usia minimal 13 ( di bawah 18 harus disertai dengan dewasa ) .
  • Harus berada dalam kondisi kesehatan yang baik .
  • Sangat disarankan latihan pendahuluan & pemanasan berlari mundur sebelum acara
Tidak ada menang atau kalah dalam program ini tetapi, peserta yang berkostum sport beberapa dekade kebelakang mungkin bisa memenangkan beberapa merchandise dan asessories keren. Acara ini akan dipandu oleh banyak instruktur terlatih, disamping banyak petugas kesehatan dan petugas pengawas untuk kenyamanan peserta.

Pendaftaran dapat dilakukan langsung di RetroRun Booth, FX Sudirman (samping Gambino, mulai 7-16 September 2016), Online di retrorun.co.id dan Go-Tix (only for mobile user)

Info dan kontak:

Website: retrorun.co.id

************