7 Langkah Stop Vaksin Palsu!

¤
Plt Kepala BPOM Tengku Bahdar Johan Hamid saat menghadiri undangan rapat kerja komisi IX DPR RI dengan Kemenkes pada 27 Juni 2016 menyatakan, “Ada 12 vaksin yang dipalsukan dan dijual dengan harga lebih murah."
Berikut adalah daftar ke-12 vaksin yang telah dipalsukan :
  1.  Vaksin Engerix B
  2.  Vaksin Pediacel
  3.  Vaksin Euvax B
  4.  Vaksin Tripacel
  5.  Tyberculin PPDRT 23
  6.  Vaksin Penta-Bio
  7.  Vaksin TT (tetanus)
  8.  Vaksin Campak
  9.  Vaksin Hepatitis B
  10.  Vaksin Polio bOPV (polio)
  11.  Vaksin BCG
  12.  Vaksin Harvix
Menyambung keterangan Bahdar Johan Hamid, beberapa waktu lalu (1 Juli 2016) bertempat di Gedung C Auditorium BPOM Percetakan Negara Jakarta Pusat BPOM menggelar edukasi pengenalan vaksin kepada 70 Blogger Jakarta. Begitu pentingnya hajat BPOM ini, jangankan orang awam bahkan, para dokter saja tertipu vaksin palsu yang sudah beredar sejak tahun 2003 lalu. Hal ini bisa terjadi karena, untuk menguji keaslian cairan vaksin hanya bisa dilakukan oleh tenaga ahli di dalam laboratorium tertentu.
¤
Kebanyakan rumah sakit (khususnya swasta) dan dokter-dokter klinik tidak menyelidiki lebih jauh keabsahan vaksin. Tanpa disadari oleh banyak tenaga medis, botol-botol bekas vaksin kosong yang sudah dibuang bisa dikumpulkan kembali oleh pelaku. Untuk kemudian diisi ulang dengan vaksin palsu dan seterusnya dijual. Dapat dimaklumi, sukar sekali untuk membedakan mana vaksin asli dan mana yang palsu bila ditinjau hanya dari kemasan, tanggal kadaluarsa, barcode, botol, tutup botol maupun warna cairan.
¤
Edukasi dibuka oleh Sekretaris Utama BPOM RI, Dra. Reri Indriani yang mengharapkan peran blogger menyebarluaskan hasil edukasi BPOM dalam upaya meningkatkan kewaspadaan atas peredaran vaksin palsu dan sekaligus, para blogger khususnya BLOGGERCRONY melalui sosmed agar dapat juga memberikan pemahaman kepada masyarakat terhadap penggunaan produk vaksin asli.
¤
Hadir sebagai narasumber, Direktur Pengawasan Distribusi Produk Terapetik dan PKRT BPOM, Arustiyono yang menjelaskan, "Puskesmas dan RS milik pemerintah terhindar dari peredaran vaksin palsu. Sebab, penyediaan obat dan distribusinya ditangani dan diawasi langsung baik oleh jajaran Kemenkes ataupun BPOM. Setiap unit kesehatan pemerintah wajib melaksanakan CDOB (Cara Distribusi Obat yang Baik) yang telah disusun oleh BPOM sehingga tak ada satupun unit pelayanan kesehatan pemerintah yang kebobolan vaksin palsu."
¤
Obat berbeda dengan komoditi lain. Distribusinya tidak bisa diperlakukan sama dengan cara distribusi pakaian maupun mainan anak. Sebagai misal, jika suhu tempat penyimpanan obat tidak diatur sebagaimana mestinya, obat akan rusak. Banyak hal yang tak diinginkan bisa terjadi. Kualitas obat menurun, obat menjadi tidak mujarab atau obat malah bisa bersifat racun.
¤
BPOM RI menyusun pedoman CDOB bertujuan :
  1. Terciptanya pemerataan distribusi dan ketersediaan obat
  2. Terjaminnya pemakaian obat hingga ke pengguna yang membutuhkan sehingga memperkecil kemungkinan terjadinya penyalahgunaan obat (Drug Abuse)
  3. Terjaminnya keabsahan, kualitas dan obat terjaga baik tidak rusak selama proses penyaluran dari produsen hingga ke konsumen
¤
Menurut Kepala Biro Hukum dan Humas BPOM, Riati Anggriani ada 5 hal yang musti diperhatikan dalam CDOB terlebih khusus untuk pendistribusian narkotik, prikotropik dan vaksin :
          1. Manajemen mutu
Sistem manajemen harus berorientasi pada mutu produk mencakup ;
• A. Sistem mutu
------ Memiliki struktur organisasi yang jelas
Personil yang bertanggung jawab dalam berbagai bidang dapat terlihat jelas dari struktur organisasi ini.
----- Standar Prosedur operasional
Sistem kerja disusun, ditata dan diperbaharui oleh Apoteker Penanggung Jawab Utama.
----- Terdokumentasi
segala data, berkas dan sumber daya yang tersusun secara profesional, baik manual ataupun sudah terkomputerisasi.
• B. Jaminan mutu
----- Terjaminnya kepercayaan
Produk obat itu baik dari segi penyediaan, distribusi dan dokumentasinya mendukung terjaganya kualitas ataupun kemanjurannya.
----- Personalia
Dalam distribusi obat diwajibkan untuk mempekerjakan orang-orang yang berkompeten di bidangnya dan selalu mengikuti pelatihan tentang CDOB secara periodik untuk meningkatkan kompetensi.
----- Bangunan dan Fasilitas 
Bangunan tempat menyimpan produk wajib menjamin keselamatan obat dari banjir, binatang pengerat, perubahan suhu dan kelembaban.Selain itu, bangunan haruslah bersih dengan luas yang memadai untuk sirkulasi udara, sirkulasi barang, orang dan aktivitas administrasi.
         2. Monitoring
Untuk lembaga distribsusi bahan obat maka lembaga tersebut harus memiliki laboratorium pengujian dengan kapasitas mumpuni.
         3. Inspeksi diri
Mengukur kinerja dan mengetahui apakah kesiapan sistem yang direncanakan dan dijalankan. Inspeksi diri di lembaga distribusi wajib dilakukan minimal setahun sekali.
         4. Dokumentasi
Sistem dokumentasi yang baik dapat menelusuri jika suatu saat terjadinya penyimpangan dalam perjalanan distribusi maka, dengan mudah dapat segera ditelusuri. Dokumen yang dibuat harus disimpan dalam waktu sekurang-kurangnya 5 tahun dari tanggal pembuatan dokumen. Manfaatnya, bila nanti BPOM atau industri farmasi merasa perlu menarik suatu produk obat dari pasaran, dapat terbantu dalam menelusuri jejak produk yang dimaksud sampai pada tingkat konsumen.
        5. Laporan berkala
Setiap Produsen dan PBF (Pedagang Besar Farmasi) wajib melaporkan kegiatannya secara berkala setiap 3 bulan sekali kepada BPOM.
¤
¤
Setelah mengikuti edukasi BPOM, saya menawarkan 7 langkah stop vaksin palsu yang dapat dilakukan oleh kita semua :
  1. Jangan biarkan anak diberi vaksin yang sudah disediakan dokter
  2. Mintalah resep vaksin yang diperlukan dari dokter dan belilah di apotek terpercaya
  3. Serahkan pada dokter vaksin yang sudah dibeli dan tanya kembali pendapat dokter apakah vaksin itu asli (bandingkan dengan vaksin yang sudah disediakan dokter)
  4. Usai keluarga/anak divaksin, mintalah kembali kemasan dan botol kosongnya untuk tak lagi bisa disalahgunakan
  5. Bawa pulang kemasan dan botol kosong vaksin untuk dipelajari bersama oleh anggota keluarga, kerabat dan tetangga agar dikemudian hari, semua komponen masyarakat bisa mengenali dan mengingat bentuk, rupa maupun warna kemasan dan botol vaksin asli
  6. Foto dan dokumentasikan kemasan maupun botol kosong vaksin
  7. Robek kemasan dan hancurkan botol kosong vaksin
¤
Menambah luas wawasan tentang vaksin dan obat-obatan lain, silahkan menghubungi Apotek K 24, Jaringan Guardian atapun Kimia Farma Care di nomor 1-500-255, dari Senin – Minggu pukul 07.00 – 21.00 WIB (pulsa lokal) atau Facebook/KimiaFarmaCare dan Twitter @kimiafarmacare. Berbagai informasi yang diperlukan, baik konsultasi obat secara langsung dengan Apoteker, lokasi apotek Kimia Farma terdekat, keluhan pelanggan dan informasi lainnya dapat ditanyakan.
¤
Untuk lebih jelas dan lengkap, pembaca disarankan mengklik :
http://www.pom.go.id/mobile/index.php/view/berita/11191/BPOM-Edukasi-Para-Blogger-tentang-Vaksin-Palsu.html
¤
Atau telephone ke :



                                                                          #$******$#

ReNewSkin Kulit Sehat Kerut Terhambat Miom Minggat

¤
Tuhan telah mencipta makhluk yang identik dengan kecantikan : Wanita! Dengan demikian, tidak satupun ada wanita yang tidak cantik! Tinggal bagaimana wanita merawat dan mengekspose kecantikannya sebagai anugerah yang luar biasa yang sama sekali tidak layak untuk disia-siakan.
¤
Meski wanita telah menggenggam erat kecantikannya tetapi, ada hal yang paling ditakuti wanita yakni, cepat menjadi tua. Wanita juga akan semakin sensitif bila, wajahnya terlihat boros atau jauh lebih tua dibandingkan usia sebenarnya. Sebaliknya, ada hal yang paling diidamkan oleh wanita. Awet muda! Atau, terlihat jauh lebih muda dan sehat daripada usia sebenarnya. Cantik dan awet muda saling melekat satu sama lain untuk menunjang kepercayaan diri wanita berkarakter. Ketika seorang anak gadis menikah, biasanya sang ibu kandung mewanti-wanti putrinya agar rajin merawat diri, "Bagaimana ikhlas merawat suami dan anak-anak kalau untuk merawat diri kamu sendiri saja malas? Bagaimana suami kamu tidak cepat tua kalau istrinya saja lebih suka nge-lomprot? Bisa-bisa setiap hari kamu kena damprat ibu mertua, lho!"

Itulah sebabnya para istri selalu berupaya keras dan maksimal untuk bisa tampil cantik dan terlihat awet muda. Disamping gaya hidup sehat dan penggunaan kosmetika yang tepat, asupan nutrisi khusus juga memegang peranan penting dalam merawat kesegaran dan kemudaan sel-sel kulit.


Mereview sebuah produk kecantikan dalam bingkai "kosmetika" tidaklah sesulit mereview produk dalam genre "asupan nutrisi." Kosmetika hanya dipakai di permukaan kulit sedangkan, nutrisi harus dikonsumsi untuk kemudian diserap setiap sel dalam tubuh. Ketika mereview kosmetik, kita tinggal pakai dan lihat perbedaan penampakan kulit wajah, sebelum pemakaian dan sesudah pemakaian. Bila wajah terlihat lebih cantik, muda dan segar, review selesai sudah! Bila kosmetik sebabkan gatal, iritasi dan pori-pori kulit wajah serasa gerah cukup katakan, kosmetika kurang cocok untuk digunakan pada iklim lingkungan kita atau produk kurang sesuai dengan aktivitas kita yang tinggi! Dan.., seperti menjentikan jari, review kosmetikapun selesai!
¤
Jauh berbeda ketika mereview asupan nutrisi yang berguna untuk kesehatan, perawatan dan keawet-mudaan kulit kita. Siapa sih orang yang mau begitu saja dijejali nutrisi dalam bentuk tablet, puyer, pil ataupun kapsul sembarangan?
¤
Jangan asal telan! Jangan mudah tergoda iming-iming kedahsyatan produk! Ingat, "SEMUA KECAP PASTI NOMOR SATU!" Setidaknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan betul sebelum kita memberanikan diri mengkonsumsi ekstrak asupan nutrisi itu, antara lain ;
1. Reputasi perusahaan yang memproduksi ekstrak asupan nutrisi itu
2. Pada kemasan, baca kelengkapan izin peredarannya, yang dikeluarkan oleh institusi terkait, terutama dari BPPOM, Kemenkes kalau perlu, MUI bagi pemeluk muslim
3. Adanya pendapat pakar atau dokter ahli yang mengawal kepentingan konsumen
4. Komposisi gizi yang dikandung
5. Kontra indikasi terutama bagi yang sedang mengidap penyakit tertentu ataupun tengah mengandung
6. Efek samping penggunaan
7. Aturan pakai
8. Refrensi kawan terpercaya
Bila semua unsur sudah lengkap dipertimbangkan, barulah review produk bisa dimulai dengan langkah pertama : "Konsumsi sesuai aturan pakai dan terus menerus dalam periode yang telah diinformasikan sebelumnya oleh pakar atau dokter ahli sebagai waktu yang dibutuhkan untuk terlihat adanya sebuah perubahan"
¤
Bertempat di AW Kitchen Cafe Plaza Indonesia, bekisar 3 minggu lalu tepatnya 18 Juni 2016, SOHO GLOBAL HEALTH sebuah group internasional terkemuka di seluruh dunia yang spesialis bergerak dibidang herbal untuk kesehatan mengadakan buka bersama dengan blogger dan awak media ibukota. Pada kesempatan itu, SOHO juga mensosialisasikan produknya yang berupa ekstrak nutrisi yang katanya sih.., sangat berguna bagi PRIA ataupun WANITA. Ekstrak nutrisi itu diberi label: "ReNewSkin" untuk perawatan dan kelangsungan keremajaan kulit kita.
¤
Sepulang dari acara buka puasa, SOHO membekali saya dengan sekantung 'gudibek' yang berisikan ReNewSkin untuk pemakaian secara kontinyu selama sebulan penuh. Wih, deg-degan rasanya, senang campur was-was! Tetapi, saya teringat, saat acara bukber ada seorang pakar nutrisi internasional bahkan spesialis zat-zat yang dikandung ReNewSkin, Dokter Vincent. Beliau berkata, "ReNewSkin sudah lulus beberapa kali uji laboratorium lembaga-lembaga riset kenamaan dunia. Dan, saya sendiri bersama SOHO GLOBAL HEALTH telah melakukan riset lagi dan lagi hanya untuk keberhasilan ReNewSkin. Hari ini, saya persembahkan untuk anda, kapsul ReNewSkin yang aman untuk kesehatan dan kesegaran kulit kita semua."
¤
Melihat ijazah kepakarannya, pengalaman dan segudang penghargaan yang didapat Dokter Vincent, saya percaya akan keterangannya. Tapi nanti dulu, perlu juga saya remind sejenak keterangan pakar nutrisi lain yang sebangsa dengan saya. Dokter Yulita Lea. Beliau seorang Dokter Indonesia yang masih muda dan berwawasan terbuka. Yulita Lea menerangkan, "Sejak SOHO membesut ReNewSkin, sejak itu pula saya sudah mengkonsumsinya. Dan.., saya puas maka, sampai hari inipun saya masih setia mengkonsumsinya."
¤
Hmm..., baiklah sepertinya tidak ada lagi alasan untuk menunda mengkonsumsi ReNewSkin. Bagaimanapun, tahun depan saya akan memasuki awal paruh baya, 40 tahun. Sudah pasti saya butuh ekstrak asupan gizi semacam ReNewSkin. Setelah mempelajari pada kemasan adakah kontra indikasi dan bisakah terjadi efek samping, meski belum ada referensi dari teman terpercaya yang pernah mengkonsumsi, saya bulatkan tekad mengkonsumsi dan selanjutnya tentu akan saya review untuk menambah pengetahuan para pembaca setia blog saya yang tercinta.
¤
Seperti biasa, sebelum memulai penggunaan produk kecantikan, saya foto dulu pipi saya yang kebetulan menjadi sarang beberapa komedo dan flek yang rupanya sudah saling bertetangga. Mereka sepertinya betah bertengger bertahun-tahun disana. Sebenarnya sih, bagi saya pribadi, keberadaan mereka tidak terlalu mengganggu. Tokh, bila hanya untuk sekedar ambil foto-foto wajah sih, tidak bakal bikin malu. Bukankah kamera zaman sekarang sudah cukup canggih? Mampu memblur wajah berkomedo & flek menjadi bersih, segar dan bersinar. Tambahan pula, hanya dengan sentuhan make up disana sini, komedo maupun flek hanya akan menjadi sebatas bayang kabur yang tak akan nampak oleh mata yang sudah minus ataupun plus. Entahlah, kalau yang lihat matanya masih normal.
¤
Nah tibalah saatnya, usai santap sahur pada subuh yang bersejarah, tepat di ulang tahun kota Jakarta 22 Juni lalu, saya mulai mengkonsumsi sebutir ReNewSkin. Sejak itu, setiap usai santap sahur sebutir ReNewSkin dan dikala maghrib berbuka puasa, sebutir lagi ReNewSkin selalu saya konsumsi. Hingga, tibalah saat yang menegangkan. 6 Juli 2016, hari Lebaran! Hari besar yang jatuh berbarengan dengan kunjungan tamu khusus saya yang rajin bersilahturahmi bulanan. Menstruasi.
¤
Bicara siklus menstruasi, bagi saya seperti menceritakan kedatangan hantu yang sangat menyeramkan. Menstruasi begitu menyakitkan, rasanya rahim, perut hingga ulu hati dihujam sembilu tajam yang tak kelihatan. Menstruasi saya jauh dari normal. Terlalu sedikit darah kotor yang keluar. Apalagi, bila tak dorong dengan minum obat pelancar haid yang disarankan dokter, darah haid saya bisa-bisa hanya sebercak jempol kaki. Maklumlah, ada miom sepanjang 3,5 cm di dinding luar rahim saya yang tampak pada layar USG beberapa bulan lalu. Kala itu Dokter berharap, miom bisa keluar berbarengan dengan darah kotor yang sudah dibantu oleh obat pelancar haid.
Namun apa mau dikata, darah haid memang keluar tapi miom tetap betah bersarang.

Hanya kelahiran seorang jabang bayi secara normal yang dapat mendorong miom keluar, begitu kata orang-orang tua bijak. Tapi masak iya sih, mau punya anak niatnya cuma supaya selamat dari miom?? Tapi cukup sulit juga lho, dan perlu perjuangan ekstra keras bagi sel sperma untuk bisa membuahi sel telur selama ada miom di dinding luar rahim masih bercokol! Begitu juga para orang tua bijak mewanti-wanti agar jangan terlalu cepat senang dulu, miom tidak mudah dilenyapkan begitu saja!
¤
Pagi menjelang siang, saatnya bersilahturahmi kesana sini. Hati dag dig dug. Tanda-tanda sudah ada, rasa takut mulai merayap. Tamu bulanan yang menyakitkan bisa saja datang sekonyong-konyong ketika sedang bertandang di rumah kerabat. Namun, rasa ngilu di dalam perut yang biasanya hadir sesaat sebelum keluarnya bercak haid tak jua kunjung datang. Tengah berhandai-handai dengan tuan rumah, tahu-tahu serasa ada air mengalir keluar begitu saja. Untungnya saya sudah memakai pembalut. Segera saya siapkan pembalut pengganti dan bergegas ke kamar kecil. Oh betul, darah haid saya keluar deras dan cukup banyak bila dibandingkan dengan datangnya haid pertama di bulan-bulan lalu yang tidak lebih dari sekedar bercak-bercak kecil.
¤
Hari Lebaran tahun ini betul-betul berbeda. Haid saya lancar tanpa gangguan. Seharian, tidak kurang dari setengah lusin pembalut yang habis terpakai. Seakan-akan darah haid yang telah terperangkap berbulan-bulan lalu ikut jebol keluar walau tanpa campur tangan obat-obatan pelancar haid! Dan.., ketika merenung di kamar kecil rumah kerabat saat awal haid itu, sesungguhnya saya tenggelam dalam tumpahan air mata. Kaget bukan alang kepalang bahwasannya, saya Novita Maria, sama sekali tak merasakan sakit yang selama ini begitu menyengat mengiringi setiap masa haid!
¤
Ada satu hal yang akan saya lakukan usai libur panjang lebaran ini. Saat kantor-kantor beroperasi kembali, saya akan datang ke Puskesmas dekat rumah saya untuk minta kembali di USG. Mudah-mudahan, miom 3,5 cm yang selama ini bersarang di dinding luar rahim, telah angkat kaki bersamaan dengan keluarnya darah haid saya. Terus terang saya sendiri tidak tahu, apakah derasnya darah haid saya karena sudah tak terhalang lagi oleh miom. Dan, saya juga sama sekali tidak tahu, bila memang sudah tak ada miom, apakah karena berkah puasa dengan pola makan yang teratur atau.., karena ReNewSkin satu-satunya herbal yang saya minum dengan telaten!
¤
7 Juli 2016, jam 10 malam lebaran ke 2, tulisan ini mulai dibuat. Setelah lebih dari 2 jam, tulisan telah berjalan sebagaimana yang telah dapat dibaca di atas. Mendekati jam 1 dinihari 8 Juli, terdengar dengkuran halus suamiku tercinta. Hmm.., bila memang miom saja bisa angkat kaki bagaimana dengan komedo atau flek? Bagaimana dengan kerut pada wajah? Setengah berjingkat, saya turun dari ranjang dan meraih cermin berbentuk centong nasi. Menyalakan lampu meja dan mengarahkannya ke pipi, saya mulai mematut-matut diri dan memutar-mutar cermin mencari bayang komedo sekaligus berharap wajah saya sudah lebih elastis. Syukur-syukur pori-pori merapat dan kerutnya juga habis terkikis. Jika ya, tentu saja saya akan langsung foto, sebagai visual perubahan yang terjadi pada kulit wajah selama periode pemakaian 22 Juni s.d 7 Juli 2016.
¤
Bersamaan dengan saya menghidupkan Handphone karena mau berselfie wajah sendiri, terdengar suara yang mengejutkan, Handphone yang saya pegang nyaris saja terjatuh.
"Sudah jam segini kamu masih main Handphone, sih!? Mau hubungin siapa hayo?? Mau coba-coba selingkuh, ya??"
Rupanya, suami yang tadi mendengkur kini terbangun ngelindur. Mungkin, karena terganggu dengan aktivitas yang tidak biasa terjadi saat dinihari di kamar tidur kami.
¤
"Ini mau selfie. Mau ambil foto komedo sama flek. Udah nyaris nggak kelihatan nih rasi bintang komedonya," jawab saya sekenanya.
"Mau buat apa sih?"
"Ini, buat review ReNewSkin."
"Alaaaa, buat apa sih review pake foto-fotoan segala kek mau bikin brosur aja, emang mau jualan!? Sudah gak usah. Hayo sini tidur!" Perintah suami sambil menepuk-nepuk kasur.
Mau tak mau, Handphone dan cermin saya letakan kembali, kemudian rebahan disamping suami. *---- 01.52 WIB Jumat dinihari 8 Juli 2016 ----*
                  --------MINAL AIDZIN WALFAIDZIN Mohon Maaf Lahir Bathin--------
¤

                                                           ####***000***####


Catatan kecil :
Kandungan ReNewSkin


                                                           **********†***********

Kenali Lactogrow, Jangan Salah Kasih Anak Susu!

¤
Pada kebanyakan kasus, seorang guru wali kelas paham betul satu demi satu kapasitas dan karakter anak didiknya. Biasanya, setiap guru kelas selalu menekankan pentingnya sarapan sebelum anak-anak belajar di sekolah. Ketika seorang anak merosot nilai ulangannya, tak jarang guru bertanya, "Tadi pagi tidak sarapan, ya? Tadi pagi sarapan apa, nak?" Juga ketika terlihat anak didiknya lemas, kerap guru kelas sempatkan bertanya, "Pagi tadi tidak minum susu, ya?"
¤
Bahkan, ketika setiap hari dihadapkan pada anak yang tertinggal pertumbuhan badannya dan lemot pula menyerap pelajaran, jangan tersinggung bila sang guru wali kelas langsung bertanya kepada orang tua si anak ketika serah terima raport, "Maaf bu, apa anak ibu tidak pernah minum susu? Apa anak ibu alergi susu? Apa anak ibu salah asupan susu? Kalau boleh tahu, anak ibu susunya apa, ya?" Dan..., ada satu pertanyaan penting dari setiap nenek yang menyangangi cucunya untuk para ibu semua, apa mau anaknya berkarakter minder-an karena tubuhnya pendek dibanding rekannya sebaya dan susah pula menyerap pelajaran?
¤
Keliru atau kurang pas orang tua memberikan asupan gizi bagi anak, tidak hanya bisa mengakibatkan terganggunya pertumbuhan badan anak, tetapi sebagaimana tulisan awal diatas, bisa juga menghambat perkembangan kemampuan daya pikir sekaligus juga, pembangunan karakter handal si anak dimana mental spritual seorang anak tidak hanya dipengaruhi adanya faktor relasi di dalam rumah, tapi banyak juga dipengaruhi oleh masa-masa bermain di luar rumah ataupun juga masa-masa bersekolah.
¤
Produsen susu terpercaya, Nestle, memberi nama baru "Lactogrow" pada susu yang sebelumnya telah dikonsumsi luas dan dikenal dengan merk 'Lactogen.' Pemakaian nama baru, Lactogrow semakin menekankan peran susu ini sebagai susu "toGrow" paling cocok di usia pertumbuhan. Bertambahnya pengetahuan orang tua tentang tatakelola asupan gizi yang seimbang, betul-betul diperlukan oleh anak, seiring si anak tengah menjalani masa-masa tumbuh kembangnya. Perlu disadari bersama, perkembangan seorang anak selama masa pertumbuhan akan mempengaruhi langsung kadar potensi, kemampuan dan stamina fisik maupun psikis hingga anak jelang dewasa bahkan, sampai menginjak usia tua.
¤
Melalui Lactogrow, Nestle membuktikan sangat memahami kebutuhan asupan gizi yang seimbang saat anak di usia tumbuh. Tak tanggung-tanggung Nestle membesut, Lactogen 1, Lactogen 2, Lactogrow 3 hingga Lactogrow 4. Baik Lactogen 1,2, lactogrow 3 dan 4 masing-masing memiliki varian. Ada Vanila, Instan Cream, Cokelat dan Madu. Sebaiknya para ibu memilihkan varian yang cocok dan disukai oleh anaknya. Supaya, anak tetap selalu bersemangat dalam mengkonsumsi susu tumbuh kembangnya, anak tidak menolak dan anak terhindar dari rasa traumatis karena merasa dijejali paksa susu dengan varian yang tidak disukainya.
¤
Lactogen dan kelanjutannya Lactogrow merupakan padatan susu skim lactosa, campuran minyak nabati, antioksidan, askorbil palmitat, gula, 8 jenis mineral, premiks mineral, pengemulsi lesitin kedelai, premiks vitamin. Juga mengandung campuran minyak LC-PUFA minyak ikan DHA, antioksidan tokoferol dan lactobacillus reuteri.
¤
Informasi gizi per takaran satu kali saji = 7 sendok takar atau 32,9 g untuk Lactogen 1 sebagai susu yang tepat untuk asupan bayi berusia 0-6 bulan adalah sebagai berikut :

¤
Informasi gizi per takaran satu kali saji = 7 sendok takar atau 32,9 g untuk Lactogen 2 sebagai susu yang tepat untuk dikonsumsi bayi berumur 6 bulan-1 tahun adalah sebagai berikut :
¤
Informasi gizi per takaran satu kali saji = 7 sendok takar atau 34,3 g untuk Lactogrow 3 sebagai susu yang cocok untuk anak usia 1 - 3 tahun adalah sebagai berikut :
• Energi total________________160   kkal
• Energi dari lemak____________55   kkal
• Lemak total_________________6    g
• Omega 6 Asam Lenoleat_______1    g
• Protein____________________5    g
• Karbohidrat total___________ 21   g
      - gula sukrosa_____________2    g
      - gula total_______________17    g
• Natrium___________________65    mg
• Kalium___________________176    mg
• Vitamin A__________________23    %
• Vitamin D__________________30    %
• Vitamin E__________________40    %
• Vitamin K1_________________75    %
• Vitamin B1 Tiamin____________25    %                      
• Vitamin B2 Riboflavin_________45    %
• Vitamin B3 Niasin____________25    %
• Vitamin B5 Asam Pontotenat____40%
• Vitamin B6 Pridoksin__________25     %
• Vitamin B9 Asam Folat________25     %
• Vitamin B12 Kobalamin_______40     %
• Vitamin C__________________60     %
• Kalsium___________________45     %
• Fosfor____________________40     %
• Besi______________________25     %
• Magnesium________________ 30     %
• Zink_____________________ 20     %
• Yodium___________________20     %
• Selenium__________________20     %
• DHA_____________________11,7   mg
• Omega 3 Asam Linolenat______99,5   mg
• Biotin_____________________5,1   mcg
• Kolin____________________16,8   mg
• Klorida_________________133,8  mg
• Tembaga_________________99,5  mcg
• Lactobacillius Reuter_____3.1 x 100 juta
¤
Informasi gizi per takaran satu kali saji = 7 sendok takar atau 34,3 g untuk Lactogrow 4 sebagai susu tumbuh kembang yang paling pas diminum anak berusia 3 - 5 tahun adalah sebagai berikut :

• Energi total                               160     kkal
• Energi dari lemak                      55      kkal
• Lemak total                                  6      g
• Omega 6 Asam Lenoleat           1      g
• Lemak jenuh                                2,5   g
• Kolesterol                                   12     mg
• Protein                                        13      %
• Karbohidrat total                       21      g
      - gula sukrosa                           2     g
      - gula total                               17     g
• Natrium                                       65    mg
• Kalium                                           0
• Vitamin A                                    30     %
• Vitamin D                                    40     %
• Vitamin E                                     15    %
• Vitamin K1                                     0
• Vitamin B1 Tiamin                     20    %                        
• Vitamin B2 Riboflavin               35    %
• Vitamin B3 Niasin                      15    %
• Vitamin B5 Asam Pontotenat  25    %
• Vitamin B6 Pridoksin                20    %
• Vitamin B9 Asam Folat            15    %
• Vitamin B12 Kobalamin           25    %
• Vitamin C                                    50    %
• Kalsium                                       45    %
• Fosfor                                          30    %
• Besi                                              25    %
• Magnesium                                 25    %
• Zink                                              20    %
• Yodium                                        15    %
• Selenium                                     15    %
• DHA                                              11,6 mg
• Omega 3 Asam Linolenat         99    mg
• Biotin                                              5    mcg
• Kolin                                             17    mg
• Klorida                                       134    mg
• Tembaga                                     99   mcg
• Lactobacillius Reuteri               3.1 x 100juta
¤
Melihat asupan gizi yang dikandung Lactogen maupun Lactogrow, tampak susu ini memang sangat dikhususkan bagi anak sesuai kebutuhan tumbuh kembang seiring dengan meningkatnya usia anak. Perhatikan, ada perbedaan kadar item demi item unsur gizinya.  Walaupun Lactogen dan Lactogrow bukan menjadi asupan pengganti ASI (Air Susu Ibu) setidaknya, susu sapi ini sudah lebih dari layak sebagai susu yang memenuhi kebutuhan gizi anak tumbuh kembang sempurna.
¤
Lactogen dan Lactogrow adalah bukti kasih sayang ibu yang berkelanjutan dan berkesinambungan untuk sang buah hati. Berikan Lactogen atau Lactogrow sesuai aturan, maka para ibu tak akan menyesal di belakang hari.
¤

**********
 

Arsip Blog

Cari/search

TRANSLATE

Follow by Email

Tips