KEMENPUPR Siapkan Sejuta Rumah Rakyat, Kemana Cerita Kampung Deret?

¤ 
Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat mengemban kewajiban melaksanakan program penyediaan sejuta rumah untuk rakyat secara serentak diseluruh Indonesia hingga tahun 2019. Program penyediaan ini dicanangkan oleh Presiden Jokowi sejak tanggal 29 April 2015. Sesuai dengan amanat UUD'45 pasal 28h yang berbunyi, "Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan bathin, bertempat tinggal dan mendapat lingkungan hidup yang baik dan sehat serta memperoleh pelayanan kesehatan." 
¤
Penyediaan perumahan untuk rakyat juga merujuk pada UU No. 11/2005 yang mengesahkan deklarasi internasional tentang hak-hak ekonomi, sosial dan budaya yang menyatakan, "Negara pihak kovenan ini mengakui hak setiap orang atas standar kehidupan yang layak baginya dan keluarganya, termasuk pangan, sandang dan PERUMAHAN, dan atas perbaikan kondisi hidup terus menerus."
¤
Kewajiban negara membantu tersedianya rumah bagi rakyat juga termaktub dalam UU No. 1/2011 tentang Perumahan dan Kawasan Pemukiman yang pada pasal 5 ayat 1 menyatakan, "Negara bertanggung jawab atas penyelenggaraan perumahan dan kawasan pemukiman yang pembiayaannya dilaksanakan pemerintah." Berdasar beberapa perundang-undangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia diatas maka dapat disimpulkan bahwa, "Setiap orang/Keluarga/Rumah tangga Indonesia berhak memperoleh kemudahan untuk menempati rumah layak huni."
¤
Menurut data BPS ada 3,4 juta unit rumah tidak layak huni di seluruh Indonesia. Diharapkan hingga tahun 2019 rumah tidak layak huni menurun menjadi 1,9 juta. Sebab daya beli MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah) tidak mampu mengikuti kenaikan harga rumah, besarnya uang muka dan cicilan maka, pemerintah berupaya memberikan banyak kemudahan melalui berbagai kebijakan. Seperti menurunkan pembayaran uang muka menjadi 1% dari total harga rumah dan menurunkan suku bunga KPR-FLPP dari 7,25% menjadi 5% pertahun dengan tenor sampai 20th.
¤
Khusus bagi MBR, pemerintah mengupayakan dibangunnya rumah layak huni sebanyak 603.516 unit dan untuk non MBR akan dibangun 396.484 unit, sehingga total akan tercipta sejuta rumah untuk rakyat Indonesia. Selain membangun sejuta rumah, KEMENPUPR akan menyalurkan BSPS (Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya). BSPS hanya dikhususkan bagi pemilik rumah sangat tidak layak huni.
¤
Adapun Kriteria keadaan rumah tidak layak huni yang dapat menerima bantuan antara lain ;
  • Beratap rumbia, alang-alang, genteng tanah murahan 
  • Dinding anyaman bambu, rumbia atau kayu murahan  
  • Lantai tanah, bambu atau kayu murahan 
  • Ruangan sempit hanya berkisar kurang dari 9 meter persegi 
  • Menguasai tanah secara pisik dan jelas batas-batasnya 
  • Bangunan yang tidak selesai tidak lebih dari 45 meter persegi 
  • Terkena bencana, kerusuhan atau kebakaran 
¤
Pemilik rumah dengan kriteria diatas dapat mengajukan BSPS dengan melengkapi ;
  • Tanda bukti WNI/KTP 
  • MBR dibawah UMK 
  • Berkeluarga 
  • Memiliki atau menguasai tanah 
  • Merupakan rumah satu-satunya 
  • Belum pernah mendapat bantuan perumahan 
  • Memiliki rencana membangun atau meningkatkan kwalitas rumah 
  • Membentuk kelompok BSPS dan bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan BSPS yang  dikordinasikan oleh Tim Tekhnis tingkat kota/kabupaten.
¤
Selain berbagai kebijakan diatas, KEMENPUPR tetap bersinergi dengan swasta melanjutkan program hunian berimbang untuk kawasan perumahan dan pemukiman yang diatur oleh PERMENPERA No. 10 tahun 2012 dan PERMENPERA No.07 2013 (tentang perubahan atas Permenpera No. 10/2012). Hunian berimbang adalah perumahan atau kawasan pemukiman yang dibangun secara seimbang dengan komposisi tertentu berbentuk rumah tunggal, rumah deret diantara rumah sederhana, rumah menengah diantara rumah mewah. Dan, hunian berimbang dapat juga dikembangkan dalam bentuk rumah susun umum satu lokasi dengan rumah susun komersial. Atau, rumah-rumah tapak diantara rumah susun umum.
¤
Komposisi hunian berimbang meliputi 3 aspek ;
  • Jumlah Rumah ---> bila pengembang membangun 1 rumah mewah maka, wajib juga membangun 2 rumah menengah dan 3 rumah sederhana. 
  • Luas Tanah --->  Lokasi pengembangan wajib menyediakan 25% area lahan untuk  rumah sederhana.
  • Luas Lantai ---> 20% dari keseluruhan luas lantai rumah susun komersial wajib diperuntukan bagi unit-unit rumah susun umum, bisa dibangun di satu lokasi ataupun di lain lokasi.
¤
Keseriusan kerja KEMENPUPR menyediakan rumah untuk rakyat terungkap dalam seminar menyambut HUT ke-70 tahun KEMENPUPR beberapa waktu lalu (29/12/15) bertempat di area Parkir Selatan Istora Senayan, Jakarta. Maurin Sitorus, Dirjen Pembiayaan Perumahan KEMENPUPR selain menerangkan hal-hal berkaitan dengan program sejuta rumah sebagaimana tertulis diatas juga menyatakan, "KEMENPUPR akan membantu MBR dengan menyediakan dana talangan Uang Muka cicilan kepemilikan rumah hingga 4 juta rupiah. Diharapkan dengan adanya dana ini, MBR tidak lagi kesulitan untuk membeli rumah layak huni karena beratnya menyediakan uang muka yang rata-rata nilainya memang cukup tinggi."
¤
Melanjutkan, Syarif Burhanudin, Dirjen Penyediaan Perumahan KEMENPUPR, "Setiap tahun diharapkan pencapaian KEMENPUPR dalam menyediakan rumah bagi seluruh rakyat Indonesia akan semakin meningkat secara jumlah dan presentase. Permasalahan mengenai ketersediaan lahan pada tahun-tahun mendatang juga diharapkan dapat cepat terselesaikan dengan terjalinnya kerjasama yang lebih erat antar instansi, baik Pemda-pemda maupun dengan Badan Pertanahan Nasional."
¤
Sayangnya, dalam acara Hut 70 tahun KEMENPUPR ini kurang disinggung keberadaan dan keberlanjutan program Kampung Deret. Program yang selama ini telah berjalan harmonis hendaknya jangan dilupakan. Kampung Deret telah menata kawasan kumuh dan banjir tanpa terjadi ketimpangan dan ketidakadilan sosial ataupun juga, penggusuran rakyat dari lokasi dimana telah terbiasa memperoleh penghidupan. Bagaimanapun, Program Kampung Deret telah mengantarkan Jokowi menjadi Presiden Ri setelah sebelumnya sukses membangun kampung deret di Solo selama masih menjadi Walikota dan di jakarta sewaktu jadi Gubernur KDKI.
¤

Az Zikra Pahitnya Madu Hitam Olahan Ust. Arifin Ilham

¤
Madu adalah nutrisi cair pekat, kental dan berasa manis dengan segudang khasiat yang terkandung didalamnya. Secara khusus Al-Qur'an pada Surat An-Nahl (lebah) pada ayat ke 68-69 dalam terjemahan bahasa Indonesia menyatakan :

  وَأَوْحَى رَبُّكَ إِلَى النَّحْلِ أَنِ اتَّخِذِي مِنَ الْجِبَالِ بُيُوتًا وَمِنَ الشَّجَرِ وَمِمَّا يَعْرِشُونَ (68) ثُمَّ كُلِي مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًا يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآَيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ (69) 

  • “Dan Tuhanmu telah mewahyukan (memerintahkan) kepada lebah: “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia (peternakan untuk lebah). Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Maka dari perut lebah itu keluarlah minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan." 
¤
Manusia telah beternak lebah dan memanfaatkan madunya sejak puluhan abad lalu. Kebanyakan madu yang diproduksi di Indonesia berwarna coklat, kental dan terasa manis. Tetapi berbeda dengan Madu Az-Zikra hasil olahan Ust. Arifin Ilham & partners. Madu Az-Zikra  berwarna hitam, kental tapi terasa pahit! Pahitnya madu Az-Zikra bukan pahit biasa tapi pahit yang berasal dari hasil penangkaran lebah liar asli hutan Kalimantan dimana makanannya berasal dari nektar bunga mahoni dan kamboja.
¤
Madu Az-Zikra telah melalui uji material di laboratorium pangan Universitas Pasundan. Selain memiliki kandungan gizi tinggi, Az-Zikra juga berkemampuan menahan laju pertumbuhan bakteri, memperlancar metabolisme bahkan, melawan beberapa bakteri yang sebelumnya telah imun terhadap antibiotik. Ibarat pahitnya obat, manfaat Madu Az-Zikra sangat banyak antara lain membantu mengatasi :
  • Diabetes
  • Disfungsi seksual pria 
  • Gangguan lambung/maag kronis 
  • Panas dalam
  • Radang tenggorokan
  • Batuk 
  • Pilek dan Sinusitis 
  • Asm
  • Darah tinggi dan darah rendah
  • Kanker dan tumor 
  • Typus 
  • Kencing batu 
  • Stroke 
  • Jantung 
  • Rematik dan asam urat 
Untuk lansia sangat baik bila mengkonsumsi Az-Zikra secara rutin. Madu ini telah mendapat sertifikat halal dari MUI, baik untuk bahan dasarnya maupun keseluruhan proses produksinya. Juga lulus uji Kemenkes berikut uji lab Bioteknologi LIPI
Khusus bagi yang belum pernah mengkonsumsi madu Az-Zikra, hendaknya siapkan mental dulu sehingga rongga mulut tidak kaget dan serta merta melepehkan cairan madu begitu saja. Karena, madu ini benar-benar terasa pahit, nyaris sepahit buah maja atau sayur pare mentah. Sayangkan, bila beberapa cc madu terbuang percuma karena tidak jadi dikonsumsi hanya karena shock ada madu berasa pahit! 
¤
Menurut Ust. Arifin Ilham disela acara ramah tamah dengan beberapa awak media beberapa waktu lalu (Tumbar Jinten Resto, Sentul 1/12/15), Az-Zikra paling bagus dikonsumsi ketika perut belum terisi apapun, pas baru bangun tidur. Selain bagus untuk membaluri mulut, guzi dan sela gigi, Az-Zikra yang turun melalui kerongkongan akan membawa bakteri masuk usus untuk selanjutnya dilumpuhkan bersama-sama dengan bakteri yang lain. Usus lebih siap untuk menerima sarapan pagi karena, nutrisi yang berasa pahit biasanya mengandung kadar Basa yang tinggi yang berguna menormalkan asam dan kram pada lambung. Untuk kesehatan dan menjaga stamina, Az-Zikra sangat baik dikonsumsi 3x sehari 1-2 sendok makan. Juga dapat dikonsumsi dengan cara menuangkan 2-5 sendok makan madu Az-Zikra kedalam segelas air putih kemudian diaduk hingga merata supaya zat-zat yang dikandung Az-Zikra bisa lebih cepat terserap oleh tubuh. Ingin tahu sensasinya? Setiap bangun tidur, kumur mulut dengan Az-Zikra maka, enzym Ptyalin yang datang menyertai air liur perlahan akan merubah rasa pahit madu menjadi manis!
¤
Az-Zikra mengeluarkan dua varian madu, selain Madu Hitam Pahit juga, Madu Super Az-Zikra. Madu super ini tetap berwarna hitam hanya rasanya tak jauh beda dengan kebanyakan madu lain, manis! Tapi, Az-Zikra tidak lengket menempel dibatas rongga mulut. Menurut penelitian yang dipublikasikan melalui The Journal of Medical Food (2014) madu tidak akan meningkatkan peningkatan kadar gula dalam darah termasuk bagi penderita diabetes. Per Kg Az-Zikra Madu Super memiliki nilai kalori sebanyak 2.940 kal atau setara dengan 50 butir telur ayam. Tak jauh berbeda dengan varian Hitam Pahit, Az-Zikra Madu Super bermanfaat untuk mencegah sekaligus membantu mengatasi berbagai disfungsi tubuh. Mengkonsumsi Madu Super, akan membuat tubuh tak lekas capek, membantu tumbuh kembang tubuh dan otak diusia pertumbuhan dan memperlancar metabolisme tubuh. Madu Super Az-Zikra dapat digunakan untuk meredakan infeksi kulit dengan dioleskan dan juga dapat menjadi pembersih wajah dengan disertai pijitan kecil untuk hasil maksimal.
 ¤
Usai mengupas hadist yang diriwayatkan Ibnu Majah, "Hendaklah kalian menggunakan dua obat yaitu, madu dan Al-Qur'an." Ust. Arifin Ilham memberikan sambutan penutup, "Itulah sebabnya, Madu Az-Zikra baik yang varian Super atau Hitam Pahit, keduanya selama proses pengemasan telah disertai dengan dzikir dan doa. Karena sesungguhnya, Allah SWT adalah pemilik tunggal segala obat dan segala kesembuhan. Az-Zikra, tidak lain hanyalah sekedar sarana semata."
 ¤

Bagi yang ingin menjadi agen penyalur Az-Zikra dapat menghubungi : Rizka 0896 3395 1746


 

Arsip Blog

Cari/search

TRANSLATE

Follow by Email

Tips