Wyeth undang Thomas Armstrong Ungkap Beda Anak Beda Pintar

¤
Dr Thomas Armstrong, pakar pendidikan dari Amerika Serikat mengatakan berdasarkan teori multiple intelligence, kepintaran anak terbagi menjadi 8 jenis yakni Music Smart, Body Smart, People Smart, Self Smart, Word Smart, Picture Smart, Nature Smart dan Number Smart.

"Semua anak memiliki 8 kepintaran ini, meskipun beberapa di antara mereka ada 1 atau 2 kepintaran yang menonjol. Tinggal bagaimana orang tua memberikan stimulasi agar semua kepintaran anak berkembang dan seimbang," papar dr Armstrong dalam peluncuran kampanye Beda Anak Beda Pintar oleh Wyeth Nutritional di Hotel Indonesia Kempinski, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (1/10/2015).

Setiap kepintaran memiliki bidang yang berbeda. Stimulasi yang diberikan orang tua pun harus berbeda-beda tergantung jenis kepintarannya.
¤
Menurut Thomas, MI memilah delapan (8) jenis kepintaran pada anak
  1. •WORD SMART, dimana anak sangat suka membaca, menulis, berbicara dan mendengarkan cerita.
  2. •NUMBER SMART, anak yang menonjol di kepintaran ini sangat tertarik pada angka, matematika, sains, hal-hal yang berhubungan dengan logika dan sering bertanya "mengapa?"
  3. •SELF SMART, anak cenderung senang bermain sendiri, tahu dia mau jadi apa saat besar nanti, punya rasa percaya diri yang kuat dan mampu mengkomunikasikan perasaannya.
  4. •PEOPLE SMART, anak sangat suka bermain dengan teman-temannya, punya rasa empati, suka memimpin, dan bisa memahami perasaan orang lain.
  5. •MUSIC SMART, dimana anak sangat suka bernyanyi, menggoyangkan badan mengikuti irama, memainkan instrumen musik, mendengarkan musik dan mengingat lagu.
  6. •PICTURE SMART, anak suka menggambar, seni, berimajinasi, dan bermain membangun sesuatu.
  7. •BODY SMART, anak suka menciptakan sesuatu dengan tangan, suka olahraga, menari, menyentuh benda-benda dan mempelajarinya.
  8. •NATURE SMART, anak suka berada di alam, menyukai binatang, dapat menggolongkan tanaman, mengoleksi dedaunan, dan peduli terhadap lingkungan (mempunyai kesadaran ekologi).
¤
Kedelapan kepintaran itu semuanya dipunyai anak, hanya saja ada yang semuanya muncul, dan ada yang hanya beberapa saja yang muncul. Ada juga yang sebenarnya berbakat di kepintaran tertentu, tapi dia tidak mau menunjukkan minatnya di kepintaran tersebut. Di sinilah, kita sebagai orang tua harus jeli melihat dan sebisa mungkin mengembangkannya. Caranya? Belajar bersama anak, rajin bertanya tentang dirinya tapi tidak menghakimi, bersama berwisata dan memberikan pujian yang pantas dikala ia berhasil berprestasi. juga jangan lupa, kepercayaan diri anak tetap harus dibangun sejak dini.
¤